Kamis, 21 April 2011

Arti dan Fungsi SMP Terbuka TKB Mandiri

SMP Terbuka adalah sebuah lembaga pendidikan kelas jauh SMP negeri yang diperuntukan bagi anak bangsa yang ingin sekolah namun karena sesuatu hal,diantaranya faktor ekonomi,geografis dan jauh dari sekolah.maka SMP Terbuka lah yang harus menjadi jembatan bagi anak-anak bangsa. TKB Mandiri didirikan oleh LSM yaitu ajuan masyarakat agar anaknya bisa melanjutkan ketingkat SMP. maka SMP Terbuka TKB mandiri didirikan oleh LSM yang menginduk ke SMP Negeri. SMPT TKB Mandiri Cijantur didirikan pada tanggal 17 Juli 2008, yang dikelola dikampung Cijantur Desa Rabak Kec Rumpin Kab Bogor.Kampung Cijantur adalah kampung terpencil dikaki gunung Cungkedang yang penduduknya mayoritas petani buah tahunan.Jarak dari jalan Desa menuju kampung Cijantur kira kira 7 Km dengan jalan melalui hutan yang lebat,kalau dilalui dengan jalan kaki kira-kira 2 jam perjalanan. tapi berkat pengelolaan yang kuat kini Kp Cijantur menjadi kampung yang terang dan tidak ada lagi yang tidak sekolah.
SMPT TKB Mandiri Cijantur dikelola oleh seorang laki-laki yang tidak pantang menyerah walaupun setiap hari harus jalan kaki.
Cecep Hadiat Lahir di Garut 41 tahun yang lalu beristri daerah Bogor dikaruniai 2 orang anak laki-laki dan Perempuan.Berkat kerja keras Alhamdulillah sekarang mempunyai guru 14 orang. 13 laki-laki dan 1 Perempuan, tapi walau pun mempunyai guru yang lumayan banyak bagi SMP Terbuka tapi pengelola tetap masih mengajar di SDN Kadusewu Ds Rabak.ang
Saya yakin anak-anak pegunungan bisa pintar kalau kita didik dan diberi pengajaran umum dan berbasis pesantren. SMPT TKB Mandiri harus sama volume dalam pembelajaran dengan sekolah formal lainnya walau terbuka tapi kurikulum dan buku pelajaran sama dengan formal malah plus bahasa arab dan kitab kuning. Sehingga lulusan SMPT TKB Mandiri bisa disejajarkan dengan sekolah formal dengan KKM seimbang. Namun sayang gedungnya terbatas dan menempati gedung PKBM Mandiri 2 Cijantur. Bagi yang membuka blog ini mempunyai kepedulian kepada pendidikan bagi anak-anak bangsa.
Profil
Nama SMPT    : TKB Mandiri Syifa Rumpin
Nama Induk     : SMPN 01 Rumpin
Nama Pengelola : Cecep Hadiat
Alamat TKB    : Kp Cijantur Rt 04/06 Ds Rabak Kec Rumpin Kab Bogor 16350
No Rek           : 0808-01-023234-53-3
Nama Bank     : BRI kanca Ciampea Bogor
Atas Nama      : Cecep Hadiat
No Hp            : 085719584870

Bagi yang tersentuh dan peduli pendidikan kami mengharapkan bantuan,untuk kelancaran proses kegiatan belajar mengajar ( KBM ) di SMPT TKB Mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar